TINGKAT KETERCAPAIAN CAPAIAN PEMBELAJARAN MELALUI KESIAPAN MAHASISWA MENGIKUTI UJIAN KOMPETENSI PADA PROGRAM STUDI MANAJEMEN PERKANTORAN UNIVERSITAS AIRLANGGA

Widyowati, Dyah (2017) TINGKAT KETERCAPAIAN CAPAIAN PEMBELAJARAN MELALUI KESIAPAN MAHASISWA MENGIKUTI UJIAN KOMPETENSI PADA PROGRAM STUDI MANAJEMEN PERKANTORAN UNIVERSITAS AIRLANGGA. Jurnal Bisnis Teknologi, 4 (1). pp. 1-7. ISSN 2355-8865

[img]
Preview
Text
JBT Tingkat Ketercapaian Capaian Pembelajaran Melalui Kesiapan Mahasiswa Mengikuti Ujian Kompetensi pada Program Studi Manajemen Perkantoran Univ Airlangga.pdf

Download (279kB) | Preview
Official URL: https://nscpolteksby.ac.id/library/index.php?p=sho...

Abstract

Bisnis di Indonesia menghadapi tantangan dengan diberlakukannya kesepakatan ASEAN Economic Community (AEC) yang mulai dilaksanakan pada akhir tahun 2015. Adanya AEC tentunya akan berpengaruh pada berbagai aspek daya saing sumber daya manusia dalam hal ini mahasiswa sebagai output dari Perguruan Tinggi. Sehingga saat ini Perguruan Tinggi membekali lulusannya dengan Sertifikat kompetensi, yang menunjukkan kompetensi seseorang dalam bidang atau profesi tertentu. Kurikulum sebagai tolak ukur capaian pembelajaran memegang peranan penting agar dapat diketahui kesiapan mahasiswa untuk mengikuti uji kompetensi yang akan dilaksanakan setiap menjelang kelulusan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat ketercapaian capaian pembelajaran melalui kesiapan mahasiswa mengikuti uji kompetensi pada program studi Manajemen Perkantoran. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa program studi Manajemen Perkantoran sebagai dalam waktu tiga tahun akademik (2013–2016). Mahasiswa sebagai sampel dalam penelitian ini dikarenakan kurikulum dirancang untuk mahasiswa sebagai subyek dari perguruan tinggi. Pengambilan sampel menggunakan teknik slovin hingga didapat 111 responden. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data utama adalah kuesioner. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis rata-rata (mean). Dari analisis data menunjukkan bahwa tingkat ketercapaian capaian pembelajaran dengan mean sebesar 4,39. Menunjukkan bahwa kurikulum program studi manajemen perkantoran telah disusun dengan baik sesuai dengan standar kompetensi KKNI. Disamping mahasiswa telah mempunyai pengetahuan bahwa memiliki sertifikat kompetensi itu berguna untuk bersaing di era AEC saat ini, terlihat dengan mean 4.50. Diharapkan dengan kurikulum yang baik dan pengetahuan tentang pentingnya memiliki sertifikat kompetensi maka mahasiswa telah memiliki kesiapan untuk mengikuti uji kompetensi

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: sertifikat kompetensi, pendidikan vokasional, capaian pembelajaran kompetensi KKNI
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HZ Business Administration
Divisions: Business Administration
Depositing User: Mrs Hajar Cherry Puspalillah
Date Deposited: 23 Nov 2017 08:30
Last Modified: 23 Nov 2017 08:30
URI: http://repository.nscpolteksby.ac.id/id/eprint/44

Actions (login required)

View Item View Item